My inspiration

"jangan pernah berbangga atas apa yang kita DAPATkan,,berbanggalah pada apa yang kita BERIkan.."

Kamis, 07 April 2011

Ilmu ikhlas

ikhlas, sebuah kata yang simpel dan begitu mudah diucapkan tetapi memilki pengertian seluas semesta untuk memahaminya secara utuh, ikhlas bukan sembarang ilmu, sedikit keikhlasan dapat mengantarkan seseorang kedepan gerbang surga abadi yang belum pernah dilihat mata maupun dibayangkan oleh hati, makna dan nilai serta tujuan dari ikhlas itu sendiri dapat berarti bagaimana kita melakukan penyerahan diri secara total kepada Allah SWT.

pertanyaannya sekarang, bagaimana kita tahu bahwa kita telah menguasai ilmu ikhlas tersebut?

Ikhlas itu terlalu tipis untuk tunduk pada pikiran dan hati. Tapi ikhlas adalah hasil kolaborasi keduanya yang disemayamkan dalam alam bawah sadar dan dijelmakan dalam perkataan dan perbuataan. Bukan tentang berkata “aku sudah ikhlas”, tapi perkataan yang menyiratkan ikhlas. Bukan tentang perbuatan yang sepertinya baik-baik saja, tapi perbuatan yang biasa saja.

perlu diketahui bahwa ilmu ikhlas adalah bersifat lillahi ta'ala ini berarti ilmu ikhlas itu sendiri hanya dapat diketahui dan diukur oleh Allah SWT saja, seperti halnya ibadah, diterima atau tidak itu semua adalah hak sang tuhan untuk menentukannya,kita samasekali tidak bisa ikut campur atas penilaian-Nya.

oleh karena itu tugas kita kini hanyalah untuk berusaha dan terus berusaha untuk membiasakan diri kita ikhlas atas segala sesuatu yang terjadi di dalam kehidupan kita didunia ini, ingatlah selalu bahwa Allah tidak pernah tidur ataupun lalai, DIA pasti akan menghargai hamba-hamba-Nya yang bertawakal selalu untuk menjalankan perintah-Nya.

ini adalah sebuah kutipan yang saya ambil dari pondok pesantren daar el-qolam. alasan saya mengutipnya dikarenakan saya menyadari betapa susahnya mempelajari ilmu yang dinamai dengan kata "IKHLAS" setelah saya membaca kutipan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar